Monday, 24 September 2012

Lomba 7K, Motivasi Siswa Jadi yang Terbaik


Jepara-Lomba 7K (Kebersihan, Keamanan, Ketertiban, Keindahan, Kekeluargaan, Kerindangan dan Keimanan) yang diselenggarakan MA Walisongo Pecangaan belum lama ini memotivasi peserta didik untuk berlomba-lomba menjadi yang terbaik. Tujuan kegiatan menurut Ahmad Zainuddin, S.Kom, Waka Sarana Prasarana sekaligus ketua panitia adalah untuk menciptakan kenyamanan, keharmonisan serta kebersamaan antara siswa maupun pendidik di MA Walisongo.


Tahun ini, jelas Zainuddin ditambahkan penilaian keimanan. Penilaian tersebut berhubungan erat dengan tingkah laku siswa dan ketertiban di sekolah maupun di masyarakat. “Penilaian Keimanan meliputi rutinitas siswa dalam shalat Dluha dan jamaah shalat Dluhur serta kesadaran siswa berpeci dan siswi membawa mukena,” paparnya.

Ia menilai banyak perubahan-perubahan kearah positif pada saat Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) maupun pergaulan di madrasah.

XI IPA, Juara
Kelas XI IPA dalam tahap pertama menempati peringkat I dengan nilai 181, disusul XII IPA dengan angka 169 dan XII IPS dengan skor 162. Sebagai juru kunci dipegang kelas XI IPS dengan poin 141.

Saiful Latif, ketua kelas XI IPA menyatakan persaingan dalam lomba sangatlah ketat. Sehingga ia tidak menyangka kelasnya memperoleh peringkat I. Kelasnya telah memang telah melakukan persiapan jauh-jauh hari. “Siang hingga malam kami bersama menata dan memperindah kelas. Kami juga bertekad untuk berubah mulai dari kedisiplinan hingga rajin berjamaah,” ungkapnya.

Sebagai juru kunci Ahmad Slamet perwakilan kelas XI IPS akan menjadikan kekalahan sebagai pelajaran dan motivasi bersama untuk berubah menjadi yang lebih baik. “Kekalahan ini sangat berarti, kami akan jadikan cambuk untuk perubahan yang lebih baik. Lomba 7 K tahap berikutnya, kelas kami tidak akan menjadi juru kunci lagi,” kata Slamet.

Drs Rohmadi, Kepala Madrasah mengungkapkan lomba merupakan awal untuk menciptakan suasana harmonis dan nyaman pada saat KBM. Lomba, imbaunya bukan ajang untuk bersaing tidak sehat antar kelas namun upaya untuk meningkatkan kebersamaan, kedisiplinan dan keindahan di MA Walisongo.

Kepada pemenang lanjutnya agar terus menjaga kenyamanan dan keharmonisan kelas serta menjadi tauladan bagi kelas lain. Bagi yang kalah jangan pesimis karena masih ada lomba 7 K tahap selanjutnya. (Syaiful Mustaqim)

No comments:

Post a Comment